Kapolres Lhokseumawe Tampak Akrab Dengan Ulama Kharismatik Aceh

  • Bagikan

Kapolres Lhokseumawe, Eko Hartanto, Ulama, AAyahZul Blang Panyang, Abati Babah Buloh dan Waled Lapang Tanah Pasir

Lhokseumawe – Ulama merupakan pewaris para Nabi, selain tempat meminta nasehat dan petuah-petuah juga juru kunci panutan umat dalam menjalani hidup ini. Apa kata Ulama itulah yang akan dilakukan umat.

Bangsa Indonesia khususnya Aceh menempatkan Ulama pada posisi terdepan dalam mengambil suatu kebijakan terutama terkait kemaslahatan umat.

Dukungan Ulama dalam setiap aktivitas sangat diperlukan. Dengan bimbingan para Ulama maka hidup kita akan selamat dunia dan akhirat.

Dasar inilah yang menjadi alasan bagi Kapolres Lhokseumawe AKBP Eko Hartanto, S.I.k,. M.H.

Sejak beliau ditugaskan sebagai orang nomor satu di jajaran Polri Kota Lhokseumawe, tokoh utama yang beliau cari adalah Ulama sampai sekarang.

Saat ini sosok Polres Lhokseumawe merupakan salah satu pejabat Polri yang dekat dengan Ulama, baik Ulama yang berada di wilayah hukum Polres Lhokseumawe maupun di luar wilayah hukumnya, seperti Kabupaten Bireuen dan Pidie serta Aceh umumnya.

Tidak hanya itu, hampir setiap Jumat Kapolres bersama personilnya mengunjungi Mesjid secara bergiliran, selain untuk ibadah Jum’at bersama masyarakatnya sekaligus memberikan makan siang gratis kepada jamaah dan pengguna jalan ysng melintas.

Kegiatan ini dikemas dengan sebutan “Menjemput Kue Syurga”.

Dalam pantauan media, terlihat Pak Eko sering mendatangi Ulama Kharismatik Aceh yang lebih familiar dengan sebutan seperti Abu Kuta Krueng dan Tu Min, Waled Lapang dan lainnya.

Kapolres Lhokseumawe AKBP Eko Hartanto, S.I.k,. M.H. melalui Kabag Humas Polres Lhokseumawe Salman Alfarisyi, S.H,. M.H,. mengatakan jika kedatangan Kapolres ke sejumlah Ulama Kharismatik Aceh bukan sebatas lipstik, akan tetapi lebih kepada kepentingan moral, mencari petuah- petuah Ulama dalam menjalankan tugasnya sebagai abdi negara agar masyarakat Aceh lebih aman, damai serta menjalankan ajaran Islam secara kaffah.

“Dia menyadari tanpa dukungan dan keberkahan dari para Ulama, mustahil tugas melayani, melindungi dan mengayomi masyarakat dapat berjalan lancar,” ucapnya.

“Menjemput berkah dari ulama merupakan komponen penting dalam setiap aktivitas kita. Apalagi, setiap tugas yang kita emban berhubungan langsung dengan masyarakat banyak. Ulama bagi saya sosok yang paling penting karena tempat meminta nasehat serta guru spiritual,” ujar AKBP Eko Hartanto.

Kapolres mengakui jika tugas dalam menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) amatlah berat, disinilah diperlukan sinergi yang erat antara Kepolisian khususnya Polres Lhokseumawe dengan para Ulama. Dengan demikian akan tercipta hubungan harmonis, sehingga tugas-tugas ini menjadi lebih ringan dan lebih percaya diri dalam mengelola Kamtibmas yang aman dan kondusif.

“Aceh adalah daerah yang banyak mencetak Ulama, jadi saya sangat bersyukur dapat bertugas di sini. Sebab, bisa mengunjungi ulama setiap saat,” ujar Kapolres ketika mengunjungi salah seorang Ulama Kota Lhokseumawe Tgk. H. Zulkarnain (Syeikh Zul) Senin (14/12/2020).

Alhamdulillah saya berkesempatan bersilaturrahmi dengan tiga ulama kharismatik sekaligus, yaitu, Ayah Zul Blang Panyang, Abati Babah Buloh dan Waled Lapang Tanah Pasir untuk meminta doa dan petunjuk dalam bertugas.

“Saya mengharapkan kepada masyarakat agar hidup berkah dekatlah dengan ulama serta saling menjaga silahturahmi dan bergandengan tangan ikut menjaga Kamtibmas,” jelas Kapolres Lhokseumawe. (Ikhwansyah)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *