Kapolri dan Panglima TNI Tinjau Arus Mudik di Tol Jakarta-Merak

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Melakukan Peninjauan menggunakan helikopter. (20/4/2023)

 

 

Kabarpolisi.Com  –  Jakarta, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono dan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan peninjauan arus mudik di Jalan Tol Jakarta-Merak hingga Pelabuhan Bakauheni, Kamis, 20 April 2023.

Peninjauan tersebut dilakukan bersama-sama menggunakan helikopter. Mereka mengamati secara langsung kondisi terkini arus mudik Hari Raya Idul Fitri 2023.

Berdasarkan pantauannya secara langsung, untuk saat ini arus mudik Tol Jakarta-Merak, Pelabuhan Bakauheni, Pelabuhan Merak hingga Tol Terbanggi Besar dalam kondisi lancar serta kondusif.

Selain meninjau arus lalu lintas via udara, Kapolri, Panglima TNI dan Menhub akan mengecek secara langsung pelayanan dan pengamanan arus mudik di Pelabuhan Bakauheni, Merak hingga Tol Terbanggi Besar atau lintas Sumatera.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menegaskan bahwa, pihaknya bersama dengan stakeholder terkait akan memberikan pelayanan semaksimal mungkin dalam rangka pengamanan arus mudik dan balik Lebaran 2023.

Mantan Kabareskrim Polri ini menekankan, kesiapan yang dilakukan untuk mewujudkan pelayanan dan pengamanan arus mudik jauh lebih baik lagi dibandingkan pada tahun-tahun sebelumnya.

Apalagi pada tahun ini, diprediksi masyarakat yang melakukan mudik meningkat sekitar 45 persen dibanding tahun lalu. Sebab itu, Sigit memedomani instruksi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memaksimalkan pengaturan serta pengamanan arus mudik dan balik Lebaran 2023.

Lebih dalam, mantan Kapolda Banten ini menyampaikan, beberapa strategi yang dilakukan guna membuat mudik berjalan aman dan lancar, diantaranya penerapan rekayasa lalu lintas, mulai dari Contra Flow, One Way dan yang lainnya.

“Ada beberapa tempat yang kemudian kita atur mulai dari pelaksanaan Contra Flow. Di situasi tertentu kita laksanakan One Way, yang akan kita laksanakan mulai dari Cikampek sampai Kalikangkung. Dan ini juga nanti akan diatur secara sinergi. Sehingga kemudian pengalaman-pengalaman tahun kemarin dapat diantisipasi. Kemudian wilayah-wilayah jalur non-tol yang juga tentu jadi perhatian kita semua bisa terlayani dengan baik,” ujar Sigit.

BACA JUGA  Polisi Tetapkan Tersangka Pelaku Cabul 12 Siswi Madrasah di Baturetno, Langsung di Tahan

Kemudian terkait dengan arus mudik di jalur penyeberangan pun tak luput menjadi perhatiannya. Sigit mengimbau agar masyarakat bisa menyeberang pada siang hari. Hal ini guna mengantisipasi lonjakan warga yang mudik via jalur laut pada waktu malam hari.

Sigit menegaskan, seluruh lintas sektoral akan menjamin keamanan para pemudik untuk bisa merayakan Lebaran dengan aman dan nyaman di kampung halamannya masing-masing.

“TNI-Polri siap untuk memberikan pengamanan terhadap masyarakat yang akan melintas, yang mungkin takut dan khawatir karena ada potensi tindak pidana,” ucap Sigit.

 

Sumber : HUMAS POLRI

Editor    : Tri

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.