Kapolri Naikkan Pangkat 26 Pati, Polri Tambah 20 Jenderal Baru

Listyo Sigit Prabowo

JAKARTA – Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo (LSP) memimpin upacara kenaikan pangkat untuk 26 perwira tinggi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (10/8/2021).

Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Argo Yuwono, mengatakan setidaknya mereka didapuk mendapatkan kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi.

Kenaikan pangkat kali ini paling banyak dari jabatan Komisaris Besar atau Kombes menjadi Brigadir Jenderal atau Brigjen.Total ada 20 perwira yang naik pangkat menjadi Brigjen.

Sedangkan sisanya, kata Argo, sebanyak enam perwira dari semula berpangkat Brigjen menjadi Irjen.

“Tadi dilakukan korps rapot kenaikan pangkat yang jumlahnya ada 26, dimana 6 orang dari Brigjen ke Irjen. Kemudian juga ada 20 Brigjen Polisi yang dilakukan pelantikan,” kata Argo di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (10/8/2021).

Namun demikian, Argo tidak menjelaskan lebih lanjut nama-nama perwira polisi yang mendapat kenaikan pangkat tersebut.

Selain upacara kenaikan pangkat, Kapolri Listyo Sigit juga melantik sejumlah perwira tinggi Polri untuk menduduki posisi atau jabatan baru.

Irjen Wahyu Widada dilantik sebagai Asisten Kapolri bidang SDM yang baru dari sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Aceh.

“Tadi telah dilaksanakan pelantikan As SDM Kapolri, serah terima jabatan Kapolda Aceh dan Kepala Divisi TIK,” ujar Argo.

“As SDM Kapolri ini dijabat oleh Irjen Wahyu Widada yang kemarin menjadi Kapolda Aceh. Yang bersangkutan merupakan lulusan terbaik angkatan 91.”

Kemudian, Irjen Slamet Uliandi dilantik sebagai Kepala Divisi TIK Polri usai mendapat promosi dari jabatannya sebelumnya sebagai Direktur Tindak Pidana Siber (Dirtipidsiber) Bareskrim Polri.

Lalu, ada juga beberapa perwira polisi yang ditempatkan dalam jabatan baru namun berada di luar struktur Polri.

Argo menambahkan, Kapolri berpesan kepada jajarannya yang bertugas di luar struktut Polri agar bisa menjadi vontoh dan tauladan di tempat tugasnya.

Sebab, mereka tentunya menjadi duta kepolisian. Karena itu, Kapolri meminta agar mereka bekerja dengan sebaik-baiknya.

“Tentunya menjadi duta dari kepolisian sehingga nantinya setelah bekerja di luar kepolisian, dia membawa nama kepolisian dan menjadikan contoh dan tauladan di sana, sehingga semuanya nanti akan dijalani dengan baik,” kata Argo.

Menurut Argo, Kapolri berharap pelantikan dan kenaikan pangkat ini dapat menjadi regenerasi organisasi Polri dalam melakukan tugas pokoknya.

Lebih lanjut, Argo menambahkan, Kapolri juga menyampaikan pesan agar jajarannya dapat menyelesaikan berbagai permasalahan terkait penanganan pandemi Covid-19.

Khususnya, dalam mendukung program pemerintah untuk pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

“Selain mendukung program pemerintah, juga untuk pelaksanaan vaksinasi,” tutur Argo. (Ridho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.