Kapolri Tinjau Arus Balik di Cileunyi, Tito : Alhamdulillah Lebih Lancar

Tito Karnavian

CILEUNYI, kabarpolisi.com – Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian meninjau arus balik Lebaran jalur selatan di Pos Pengamanan (Pospam) Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jumat (30/6/2017) siang.

Kapolri datang bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek, dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan.

Tito menilai arus mudik tahun ini cukup lancar. Permasalahan arus mudik tahun lalu dapat dimininalisasi.

“Alhamdulillah lebih lancar,” ucap jenderal bintang empat ini kelahiran Palembang, Sumatera Selatan ini kepada wartawan.

Tahun lalu, permasalahan ada di Brexit Tol Cipali sehingga terjadi kemacetan parah. Pada 2017, karena ada jalur fungsional dari Brebes menuju Krincing, permasalahan utama itu dapat terselesaikan.

Ditanbah empat flyover yang berhasil dibangun tahun ini sangat berpengaruh sehingga lintasan kereta api tidak mengganggu arus lalu lintas.

“Sementara untuk arus balik permasalahan di tahun lalu terdapat di dua tempat, yang paling kristis adalah jalur Gentong-Nagreg di Jabar. Yang ke dua adalah jalur pertemuan antara Tol Cipularang dan Tol Cipali yang menuju Cikampek dan muncul (masuk) di Cikarang Utama. Di sana terjadi penumpukan sampai ke Jakarta,” katanya.

Di Gentong-Nagreg, terdapat banyak permasalahan yang satu di antaranya adalahtopografi yang berkelok-kelok dan naik turun.

Keberadaan pasar-pasar tumpah serta pemudik yang berswafoto di jalur Terowongan Lingkar Nagreg juga jadi masalah.

“Selama ini relatif belum ada perbaikan infrastruktur yang signifikan maka kami banyak lakukan pengamanan dengan cara-cara yang lebih banyak manual. Seperti pengaturan pasar-pasar agar tidak tumpah ke jalan dan mengganggu lalu lintas arus balik tahun ini,” katanya.

Selain itu, pihaknya menerapkan sistem lalu lintas satu jalur (one way) ketika terjadi kepadatan kendaraan misalnya, jalur dari Garut dan Tasikmalaya yang mengarah ke Nagreg.

BACA JUGA  Pimpin Rakernis, Kadiv Humas Polri Irjen Sandi Nugroho: Minta Jajaran Jaga Kepercayaan Masyarakat ke Polri

Sistem satu jalur ini otomatis memberi konsekuensi rekayasa lain lalu lintas, yakni buka tutup jalur.

Seusai melakukan peninjauan lalin di Cileunyi, Tito Karnavian dan rombongan kembali melanjutkan perjalanan ke rest area Cikampek.

Editor : Zigit Maha Putra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.