Kapolri Tinjau Arus Balik, Presiden Apresiasi Pelaksanaan Arus Mudik Lebaran 2018

Kapolri Jenderal Polisi Muhammad Tito Karnavian meninjau Pos Pelayanan Terpadu Cikopo (Foto:Dok. Mabes Polri)


CIKOPO, kabarpolisi.com
– Kapolri Jenderal Polisi Muhammad Tito Karnavian meninjau pos pelayanan terpadu Cikopo KM 72, Jawa Barat, dalam rangka memonitor arus balik Lebaran 2018 Senin (18/6).

Di lokasi Kapolri langsung menerima paparan Kapolda Jawa Barat Irjen Polisi Agung Budi, Kapolda Jawa Tengah Irjen Polisi Condro Kirono, dan Kapolda Metro Jaya Irjen Polisi Idham Azis yang melaporkan kondisi terkini di masing-masing daerah.

“Di awal arahannya, Kapolri menyampaikan bahwa Bapak Presiden memberikan apresiasi 4 jempol kepada semua pihak yang berwenang terkait dalam pengelolaan arus mudik Lebaran 2018,” jelas Karopenmas Div Humas Polri Brigjen Pol M Iqbal dalam keterangannya, Senin (18/6).

Apresiasi tersebut, menurut Iqbal, diberikan terkait diskresi one way di beberapa tempat yang dianggap cukup berhasil mengurai kepadatan, sesuai dengan kondisi di lapangan. Ia juga menyebut, dalam paparan tersebut dilaporkan secara umum arus balik sudah dimulai namun kondisi lalu lintas masih normal.

Meski, memang ada kepadatan di beberapa lokasi karena diprediksi malam ini, besok, dan lusa, merupakan arus balik gelombang pertama. Sedangkan untuk gelombang kedua akan terjadi pada sabtu dan minggu depan,” lanjut Iqbal.
Kapolri tinjau Pos Pelayanan Terpadu CikopoKapolri tinjau Pos Pelayanan Terpadu Cikopo (Foto:Dok. Mabes Polri)
Untuk menangani kepadatan di arus balik, menurut Iqbal pihaknya juga akan memberlakukan metode penanganan yang sama dengan saat arus mudik. Seperti menerapkan sistem one way, contraflow, dan menggratiskan beberapa pintu tol nasional jika terjadi kepadatan panjang

“Kapolri juga menegaskan agar memanfaatkan patroli sepeda motor untuk mengurai kemacetan di beberapa ruas dalam tol yang diakibatkan banyaknya pengendara yang memanfaatkan rest area maupun terjadinya laka lantas,” pungkasnya.

Kapolri didampingi oleh sejumlah jajaran petinggi Mabes Polri, antara lain Asops Kapolri Deden Juhara, Karo Provost Divpropam Polri Brigjen Polisi Refdi Andir, Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis, dan Karo Penmas Divhumas Polri Brigjen Pol M Iqbal.

Hingga saat ini rombongan Kapolri masih berada di Posko Terpadu untuk memonitor arus balik secara langsung. (BT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.