KPK Pastikan Panggil M Suryo di Kasus Suap DJKA Kemenhub

Juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi, Ali Fikri

Kabarpolisi.Com – Jakarta, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan bakal memanggil Pengusaha M Suryo. Dia merupakan tersangka kasus dugaan suap pemeliharaan jalur kereta api di Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

“Kalau kemudian kebutuhan untuk mengembangkan lebih lanjut, pasti dipanggil,” kata juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri melalui keterangan tertulis, Senin, 11 Desember 2023.

Permintaan keterangan dari tersangka merupakan prosedur yang wajib dilakukan KPK jika perkaranya sudah di tahap penyidikan. Pemeriksaan juga mempercepat pemberkasan kasus.

KPK memastikan kasus dugaan suap jalur kereta di Kemenhub bakal terus dikembangkan. Fakta persidangan dari sejumlah terdakwa yang sudah sampai tahapan peradilan bakal diuji lagi.

“Jadi begini, untuk perkara DJKA, yang pasti KPK terus kembangkan perkara itu,” ucap Ali.

Sebelumnya, KPK menetapkan tersangka baru kasus dugaan suap dalam pembangunan jalur kereta pada DJKA Kemenhub. Penetapan tersangka berdasarkan hasil pengembangan kasus.

“Benar (ditetapkan tersangka baru),” kata Wakil Ketua KPK Johanis Tanak melalui keterangan tertulis, Senin, 27 November 2023.

Pengembangan ini merupakan tindak lanjut dari fakta persidangan dalam kasus ini. Setelah bukti dinilai cukup, Muhammad Suryo dijadikan tersangka.

( Tri )

BACA JUGA  GPK Aliansi Tepi Barat Gelar Audiensi di DPRD Magelang Terkait Kasus Tindakan Asusila Kyai di Pondok Pesantren

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.