LBP Minta Cafe Holywings Kemang Ditutup, Hotman Malah Pasang Foto dengan Bos Golkar

  • Bagikan

Kerumunan massa di kafe Holywings, Kemang Jakarta Selatan melanggar aturan PPKM level 3 pada Sabtu (4/9/2021) malam. (Ist)

JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan telah menanggapi kasus pelanggaran protokol kesehatan yang dilakukan kafe Holywings di Jakarta. Ia meminta menutup kafe yang dimiliki pengacara kondang Hotman Paris Hutapea.

Video pelanggaran prokes yang terjadi di kafe Holywings Kemang memang sudah menjadi perbincangan publik. Obrolan makin panas lantaran kafe ini ikut dimiliki Hotman Paris dan Nikita Mirzani.

Itu sebabnya, ketika video Holywings sudah viral, netizen menggeruduk akun Instagram Hotman Paris. Mereka mendesak sang pengacara sejuta berlian ini mengeluarkan pernyataan tentang pelanggaran prokes yang dilakukan pengelola restoran sekaligus bar yang sahamnya juga ikut sang pengacara sejak awal Mei lalu.

Perbincangan video kerumunan Kafe Holywings sudah semakin membesar sejak Minggu (5/9/2021) malam. Nama Holywings trending usai Deddy Corbuzier ikut mengunggah video Holywings itu di akun Instagram pribadinya pada Senin (6/9/2021). Setelah trending karena Deddy Corbuzier ikut turun tangan, netizen makin penasaran dengankomentar Hotman Paris.

Dicecar pertanyaan Holywings hingga jadi sorotan Luhut, Hotman Paris malah bicara kasus hukum ini. Dia juga pamer foto bareng dengan tangan kanan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Luhur Binsar Pandjaitan telah mengeluarkan sanksi tegas, ihwal kerumunan yang muncul di Holywings Jakarta. Ia mengarahkan TNI-Polri untuk menutup sementara kafe tersebut.

“Pangdam Jaya dengan Kapolda Metro di lapangan terbang lapor saya mengenai holywings, saya bilang tutup aja. Saya bilang tutup aja. Saya tidak ada masalah mereka bilang baru jam 8 (20.00 WIB) baru buka. Enggak apa-apa jam 8 buka, tapi jangan seperti itu pengunjungnya,” ujar Luhut saat memberikan arahan dalam Rapat Satgas Citarum di Dago, Kota Bandung, Selasa (7/9).

BACA JUGA  Profil Azis Syamsudin yang Baru Ditangkap KPK Penyandang S3 dan Pernah SMA Di Padang

Menurutnya, kehati-hatian menjadi kunci agar Indonesia bisa terbebas dari pandemi. Saat ini, dikatakan Luhut, Indonesia tengah berada dalam trek yang benar dalam penanggulangan Covid-19, sehingga ia mengklaim saat ini Indonesia lebih baik dari negara-negara tetangga.

Ia meminta agar semua pihak tetap waspada. Jangan sampai capaian itu membuat lalai sehingga mengendorkan protokol kesehatan dan upaya pengendalian COVID-19 yang telah dibangun selama ini.

“Jadi kita menjadi top sekarang ini. Tapi apa yang perlu disombongkan? Tidak. Karena masih jauh cerita ini, itu bisa besok lusa, dua Minggu bisa begini (meningkat). Kenapa? Kalau kita tidak disiplin. Jadi saya titip semua, kita jangan jemawa, kita harus betul-betul alert, jadi ketentuan yang kita buat, bertahap bertingkat dan berlanjut untuk pembukaan itu tujuannya,” katanya.

Selain itu, Luhut juga menyebut jika penanganan Covid-19 di Jawa Barat saat ini lebih baik daripada Singapura per hari ini.

“Sekali lagi saya titip semua di Jabar ini, Bandung ini karena Bandung ini lebih bagus daripada Singapura per hari ini, tapi apakah dua minggu lagi bisa terus begini ? Enggak tahu, begitu kita tidak disiplin, langsung naik lagi dia dan untuk menurunkannya, kita berdarah-darah lagi. Jadi saya titip untuk semua,” pungkas Luhut.

Polisi melakukan razia di Holywings Kemang, Jakarta Selatan, yang berlangsung pada Sabtu (4/9/2021) hingga Minggu dini hari. Polisi menemukan kerumunan pengunjung di Holywings Kemang dalam razia yang dilakukan.

Polisi juga merazia Holywings Epicentrum pada Minggu malam. Terdapat pelanggaran aturan di kafe tersebut, yakni melampaui batasan jam operasional. Razia itu dilakukan dalam rangka pengawasan bar dan kafe di tengah pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3 di Jakarta.

BACA JUGA  Berjuang di Garis Terdepan Covid-19, Puluhan Polisi Meninggal Dunia

Saat ini Holywings Kemang mendapatkan sanksi dengan penutupan sementara selama 3×24 jam, sedangkan Holywings Epicentrum mendapatkan sanksi teguran tertulis.

Setelah video razia itu viral, Holywings Kemang kemungkinan akan dijatuhi denda karena sudah lebih dari sekali melanggar protokol kesehatan dalam operasionalnya. Holywings Kemang tercatat pernah disegel selama tiga hari pada 27 Maret 2021.

Teranyar, Holywings Kemang kembali disegel pada Minggu (5/9/2021) malam, menyusul membeludaknya pengunjung. Menurut Pasal 28 ayat 2 huruf b Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 3 Tahun 2021, pelanggaran berulang yang dilakukan oleh unit usaha kafe, rumah makan, atau restoran, seharusnya dijatuhi denda maksimum Rp 50 juta.

“Jika mengulangi pelanggaran perlindungan kesehatan masyarakat setelah diberikan teguran tertulis sebagaimana dimaksud pada huruf a, maka dikenakan denda administratif paling banyak Rp 50.000.000 (lima puluh juta rupiah),” tulis beleid itu.

Sejak disegel semalam hingga saat ini, denda yang diamanatkan oleh regulasi itu belum dijatuhi oleh Satpol PP DKI Jakarta kepada Holywings Kemang.

Namun, Satpol PP sedang mempertimbangkan untuk melakukan hal itu. “Iya ini (pelanggaran) yang terulang. Sudah kedua kali lebih,” kata Kepala Satpol PP Kota Jakarta Selatan, Ujang Hermawan, kepada wartawan pada Senin (6/9/2021).

Ketika video pelanggaran prokes Holywings viral, Hotman Paris mamerkan 3 foto bareng tangan kanan Jokowi di akun Instagram pribadinya. Belum cukup itu, Hotman Paris juga menanyangkan video ramat tamahnya dengan Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto. Seperti dikutip berbagai media nasional. (R)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *