May Day, Polisi Konsentrasi Pengamanan Istana dan DPR

JAKARTA kabarpolisi.com  – Perayaan Hari Buruh (May Day) hari ini, Senin (1 Mei 2017) digelar diberbagai kota di Tanah Air. Khusus untuk Ibukota Jakarta,  pihak kepolisian menurunkan hampir 17 ribu personil untuk pengamanan. 
Kepala Divisi  Humas Mabes Polri Komisaris Jenderal Setyo Wasisto menyampaikan bahwa Kepolisian sudah menyiapkan personel untuk mengawal jalannya perayaan Hari Buruh.
“Sekitar 17 ribu personel kepolisian yang diterjunkan, ” ujar Setyo usai mengikuti diskusi Hari Buruh di Gedung Joang, Jakarta, Ahad, 30 April 2017.

Mantan Wakil Kepala Badan Intelijen Keamanan Polri  ini menyampaikan, petugas  berasal dari berbagai unit. Tidak semuanya merupakan personil Brimob, yang biasa mengawal jalannya unjuk rasa atau kegiatan massa dalam jumlah besar.

Khusus untuk yang berhadapan langsung dengan massa saat May Day, Setyo mengatakan ada dua titik yang menjadi fokus. Titik pertama adalah sekitar Istana Kepresidenan dan kawasan Jalan Medan Merdeka Utara. Adapun titik kedua adalah kawasan DPR.

Untuk sekitar Istana Kepresidenan, massa akan dilokalisir ke sekitar Patung Kuda (Medan Merdeka Selatan). Untuk yang di DPR, kami akan berkoordinasi dengan pengamanan dalam-nya dahulu, ” ujar Setyo.

Setyo menyebutkan, jumlah massa diperkirakan mencapai 30 ribu hingga 40 ribu orang. Namun, angka itu masih berubah karena massa tidak hanya berasal dari Jakarta, tetapi juga dari luar Jakarta. “Harapannya jangan terlalu banyak agar tidak mengganggu aktivitas warga Jakarta,” ujarnya.

Peserta akan membanjiri sejumlah wilayah Jakarta mulai pukul 09.00 WIB untuk menyampaikan aspirasi mereka. Adapun mereka diberi waktu hingga pukul 18.00 sesuai aturan yang berlaku. (ceko/hamzah) 

BACA JUGA  Jika Ferdy Sambo Dihukum Mati, Aib Polri Diprediksi Akan Dibuka Lebar Lebar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.