Mengenal Sosok Iptu Rita Yuliana, Polwan Cantik Penggagas Vaksin di Layanan SIM

  • Bagikan

Mengenal Sosok Iptu Rita Yuliana, Polwan Cantik Penggagas Vaksin di Layanan SIM

Lombok Timur – Pemerintah saat ini tengah fokus menggencarkan program vaksinasi Covid-19, sebagai upaya mempercepat tercapainya Herd Immunity pada akhir 2021.

Kasat Lantas Polres Lombok Timur, Iptu Rita Yuliana sempat viral karena parasnya yang cantik dan kepiawaiannya berbahasa mandarin. Ia juga ikut ambil bagian dalam melancarkan program herd Immunity tersebut.

Satlantas Polres Lombok Timur bekerja sama dengan dinas kesehatan untuk menyediakan tenaga kesehatan dan memberikan fasilitas vaksin Covid-19 kepada seluruh pemohon Surat Izin Mengemudi (SIM) yang belum mendapat vaksin.

“Para pemohon SIM kami minta menunjukkan surat keterangan sudah vaksin. Jika pemohon belum divaksin dan mereka ingin melakukan vaksinasi, kami juga telah menyiapkan ruangan khusus sebagai tempat vaksinasi,” kata Iptu Rita Yuliana, Senin 21 Juni 2021 lalu.

Rita mengatakan bahwa terobosan vaksinasi Covid-19 bagi pemohon SIM merupakan tindak lanjut program Batalyon Vaksinator ciptaan kapolda NTB Irjen Mohammad Iqbal.

Cara yang digunakan Iptu Rita untuk menarik minat warga agar mau divaksin dengan menyediakan ruangan khusus bagi pemohon SIM tergolong unik. Yaitu memanfaatkan momen lantaran banyak pemohon SIM yang bertandang ke Polres setiap hari.

Rita Yuliana sebelum ke Lombok Timur, menjabat untuk jabatan yang sama di Lombok Barat saat masih berpangkat AKP. Lulusan Akpol tahun 2013 itu mengawali karir kepolisiannya di Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Anak bungsu dari empat bersaudara ini juga cukup aktif di media sosial Instagram. Ia kerap membagikan kegiatan-kegiatannya di kepolisian maupun kegiatan satuan tempatnya berdinas.

Namanya pun sempat viral di media sosial soal unggahan video di Instagram Satlantas Polres Lombok Barat kala itu.

Dalam video tersebut, Iptu Rita yang mengenakan seragam mengucap selamat Imlek dengan menggunakan bahasa Mandarin. Lantunan Bahasa Mandarin yang diucapkan Rita juga disampaikan dengan fasih.

Pada tahun 2018 lalu, ia pernah menjadi satu-satunya perwakilan Polri yang mendapatkan beasiswa International Law Enforcement Liaison Officer Program di Beijing Foreign Studies University (BFSU) Beijing, Negara Republik Rakyat Cina.

Program itu merupakan spesialis bahasa mandarin yang diikuti oleh 33 negara dari tiga benua yakni Eropa, Asia serta Afrika.

Rita juga sempat menorehkan prestasi dengan mendapatkan Hanyu Shuiping Kaoshi (HSK) yakni ujian standardisasi kemahiran berbahasa mandarin bagi penutur asing yang hanya ditargetkan mencapai HSK level 3, Polwan cantik itu justru mendapatkan HSK level 4.

Diketahui, Rita juga pernah menjabat di Subdit IV Ditreskrimum Polda NTB. Bahkan ia juga telah mengungkap kasus striptis metzo di Senggigi serta masih banyak lagi prestasi-prestasi lain yang diraihnya. (Red/Reqnews)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *