Mulai 31 Januari 2022 Baju Seragam Satpam Tidak Mirip Baju Polisi Lagi

Jakarta – Polri dan Asosiasi Badan Usaha Jasa Warna seragam Satpam atau Satuan Pengamanan kembali bakal diganti.

Seragam Satpam yang sebelumnya berwarna cokelat muda mirip seragam Polisi bakal diganti menjadi warna krem.

Sebelumnya, Polri sudah pernah mengubah warna seragam satpam menjadi warna cokelat muda dari awalnya berwarna putih-biru tua.

Hal ini berdasar dalam Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa.

Sementara pergantian warna seragam Satpam dari cokelat muda ke warna krem akan dikenalkan pada hari ulang tahun (HUT) ke-41 Satpam pada 31 Januari 2022 mendatang.

“Tanggal 31 Januari ini rencananya akan digelar Hari Ulang Tahun Satpam ke-41 dan pada saat Hari Ulang Tahun Satpam tersebut akan diperkenalkan,” ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat atau Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan, di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (13/1/2022), dilansir Tribunnews.

Sementara itu, warna celana seragam satpam akan tetap berwarna cokelat tua.

Menurutnya, perubahan tersebut dilakukan karena seragam satpam dinilai terlalu mirip dengan seragam Polri.

“Nah, ini yang akan dikaji adalah baju. Bajunya saja, baju itu rencananya akan diganti warnanya lebih muda dari baju anggota Polri ya,” imbuh Ramadhan.

Ramadhan menambahkan, pemberlakuan seragam baru satpam masih dalam proses menunggu Peraturan Kepolisian (Perpol).

“Jika perpol sudah diberlakukan untuk seragam satpam, baru berlaku satu tahun kemudian,” ucap dia, dikutip dari Kompas.com.

Wacana perubahan warna seragam muncul karena seragam satpam saat ini dinilai membingungkan masyarakat.

Pasalnya, seragam satpam yang berwarna cokelat muda terlalu mirip seragam polisi.

Selain itu, satpam merupakan profesi baru sebagai pengemban fungsi kepolisian terbatas. Karena itu, satpam perlu memiliki identitas sendiri yang berbeda dengan Polri selaku pembina.

BACA JUGA  Ini Alasan Polda Sumbar Pakai Seri 3 Huruf Akhir di Pelat Nomor Kendaraan

Sebelumnya, pergantian warna seragam satpam dari warna putih-abu tua menjadi warna cokelat muda diharapkan menumbuhkan kebanggaan satpam terhadap profesi mereka serta menimbulkan kedekatan emosional dengan Polri.

Demikian disampaikan Brigjen (Pol) Awi Setiyono yang saat itu menjabat Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri.

“Terjalin kedekatan emosional antara Polri dan Satpam, menumbuhkan kebanggaan satpam sebagai pengembang fungsi kepolisian terbatas. Memuliakan profesi Satpam, dan menambah pergelaran fungsi kepolisian di tengah-tengah masyarakat,” kata Awi pada Selasa (15/9/2020) silam.

Perbandingan yang mudah diamati adalah adanya tulisan ‘SATPAM’ atau ‘POLRI’ yang ada di atas saku seragam.

Kemudian, seragam Satpam dilengkapi dengan tali peluit yang menggantung di bahu kiri atau kanan, sedangkan polisi tidak ada tali peluit.

Perbedaan lainnya ada pada alat keamanan yang dibawa, yaitu Satpam biasanya membawa tongkat pemukul, sedangkan polisi tidak./Tain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.