Penjara Tanggerang Kelebihan Kapasitas 400 Persen, Satu Blok Dihuni 122 Napi

  • Bagikan

Bekas kebakaran di Blok C2 Lapas Kelas I Tangerang, Banten, Rabu (8/9). Overcrowding dinilai salah satu penyebab mitigasi kebakaran sulit dilakukan di lapas. (Arsip Istimewa)

Tangerang – Penjara alias Lapas Tangerang Kelebihan Kapasitas 400 Lapas Klas I Tangerang, Banten yang terbakar dan menewaskan 41 orang narapidana ternyata sudah kelebihan kapasitas.

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Yasonna Hamonangan Laoly mengatakan, jumlah penghuni lapas tersebut saat ini 2.072 orang. Adapun bangunan lapas bagian blok C2 yang terbakar berpenghuni 122 orang.

“Lapas Tangerang ini over kapasitas 400 persen. (Total) Penghuni ada 2.072 orang, yang terbakar ini adalah blok C2,” kata Yasonna.

41 narapidana meninggal dunia dalam peristiwa tersebut dan 81 orang lainnya selamat. Dari 81 orang selamat, delapan di antaranya mengalami luka berat, sembilan luka ringan, dan 64 lainnya ditempatkan sementara di Masjid Lapas Klas I Tangerang.

“41 korban (meninggal dunia) itu narapidana kasus tindak pidana pembunuhan, terorisme, dan narkoba,” ujar Yasonna.

Sebelumnya, kebakaran Lapas Klas I Tangerang terjadi pada Rabu (8/9) dini hari.

Saat ini kepolisian yang terdiri dari Puslabfor Mabes Polri, Direktorat Kriminal Umum Polda Metro Jaya, dan Satreskrim Polres Tangerang langsung memeriksa kondisi Lapas dan melakukan penyidikan penyebab kebakaran.

“Tim dari Puslabfor Mabes Polri, dari Direktorat Kriminal Umum Polda Metro Jaya bersama Satreskrim Polres Tangerang bekerja maraton untuk mengetahui sebab kebakaran,” kata Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran. (Rif)

BACA JUGA  Tokoh HAM Papua : Firli Bahuri Membawa Arah Baru KPK yang Dulu Merusak Harkat dan Martabat Manusia
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *