Polda Sulut Ganti Wapolda dan 4 Kapolres, Kapolda ; Jabatan Itu Amanah dari Tuhan

Nana Sudjana

.MANADO – Kapolda Sulut Irjen Polisi Nana Sudjana mengatakan jika jabatan atau pangkat merupakan amanah dari Tuhan dan kepercayaan dari pimpinan Polri, sehingga harus disyukuri. Menurutnya, semakin tinggi jabatan, beban yang diemban juga semakin tinggi dan harus dipertanggungjawabkan.

Jenderal bintang dua itu mengatakan dalam pengambilan sumpah jabatan yang dilaksanakan di Aula Tribrata Polda Sulut, Rabu (18/8).

Polri melakukan mutasi sejumlah pejabat di Polda Sulawesi Utara (Sulut). Wakapolda Sulut, Dirlantas, Kabid Dokkes dan tiga orang Kapolres masuk dalam arus mutasi yang dilakukan Polri kali ini. Selain itu, posisi Kapolres Minahasa yang kosong, juga diisi oleh pejabat baru.

Adapun pejabat yang mengalami rotasi jabatan, yakni Wakapolda Sulut dari pejabat lama Irjen Pol Rudi Darmoko, kepada Brigjen Pol Johnny Eddizon Isir, Dirlantas dari pejabat lama Kombes Pol Iwan Sonjaya kepada AKBP Robertho Pardede, Kabid Dokkes dari pejabat lama Kombes Pol dr. Freddy Worang kepada pejabat baru Kombes Pol. dr. Sucipto.

Selanjutnya, Kapolres Bitung dari pejabat lama AKBP Indrapramana kepada pejabat baru AKBP Alam Kusuma Irawan, Kapolres Kepulauan Talaud dari pejabat lama AKBP Alam Kusuma Irawan kepada pejabat baru AKBP Dasveri Abdi, Kapolres Minut dari pejabat lama AKBP Grace Rahakbau kepada pejabat baru AKBP Bambang Yudi Wibowo. Sementara, jabatan Kapolres Minahasa diisi AKBP Tommy Bambang Souissa.

Kapolda Sulut, Irjen Pol Nana Sudjana

“Setiap personel harus berkaca pada falsafah Pahlawan Nasional asal Sulut, DR. Sam Ratulangi yaitu Sitou Timou Tumo Tou, yang artinya manusia hidup untuk menghidupkan orang lain. Jadi manusia hidup itu harus bermanfaat bagi sesama. Kita diberikan kewajiban dan itu yang harus kita laksanakan dengan sungguh-sungguh,” kata Kapolda.

BACA JUGA  Polisi Tutup Tambang Ilegal di Gunung Merapi

Kapolda juga menyampaikan apresiasi tertinggi kepada para pejabat lama atas semangat, dedikasi dan pengabdian dalam bertugas selama ini. Dan juga menyampaikan selamat datang dan selamat bertugas kepada pejabat yang baru di Sulawesi Utara.

Pada kesempatan itu, Kapolda juga mengingatkan kepada seluruh personel untuk tetap melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, termasuk upaya-upaya penanganan dan penyelasaian pandemi COVID-19.

“TNI dan Polri adalah garda terdepan dalam penanganan COVID-19. Mari kita jaga kesehatan diri sendiri, kita jaga keluarga kita dan kita lindungi seluruh masyarakat. Kita berupaya maksimal bersama sama dengan seluruh stakeholder dan seluruh lapisan masyarakat bersinergi mencegah penyebaran COVID-19,” ujar Kapolda kembali.

Dalam pelantikan tersebut, para pejabat baru juga menandatangani Berita Acara Sertijab dan Pakta Integritas. (Handry Tuuk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.