Polresta Cilacap Sidak SPBU, Pastikan Tidak Ada Kecurangan dan Kelangkaan BBM

Petugas melakukan pengecekan mendadak (sidak) terhadap sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kabupaten Cilacap, Jumat (29/3/2024) malam

Kabarpolisi.com – Cilacap, Petugas Kepolisian Polresta Cilacap, melakukan pengecekan mendadak (sidak) terhadap sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kabupaten Cilacap, Jumat (29/3/2024) malam. Pengecekan ini dilakukan untuk memastikan kondisi Bahan Bakar Minyak (BBM) agar pemudik tidak dirugikan saat mengisi BBM ketika mudik lebaran Idul Fitri mendatang.

Inspeksi yang dilakukan secara mendadak tersebut dilakukan oleh personel Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polresta Cilacap di SPBU Pertamina 44.532.07 Perintis Kemerdekaan, SPBU Pertamina 44.532.12 Tritih Lor, SPBU Pertamina 44.532.05 Damalang, SPBU Pertamina 44.532.01 Karangkandri Kabupaten Cilacap.

Saat tiba di lokasi, petugas langsung periksa menyeluruh terhadap BBM Bersubsidi maupun non subsidi guna memastikan kesesuaian antara jumlah pengeluaran BBM yang tercatat di mesin dengan jumlah sebenarnya serta melakukan pemeriksaan kelayakan operasional mesin dispenser BBM.

Kapolresta Cilacap Kombes Pol Ruruh Wicaksono melalui Kasi Humas Polresta Cilacap Ipda Galih Soecahyo menjelaskan bahwa pengecekan tersebut bertujuan untuk memastikan timbangan, takaran, dan meteran yang digunakan sudah sesuai dengan dasar transaksi perdagangan. Hal ini juga dilakukan untuk memastikan tidak ada praktik-praktik kecurangan dan untuk memastikan masyarakat dapat terlayani dengan baik.

“Guna mendukung kegiatan Operasi Ketupat 2024, sidak SPBU dilakukan untuk memastikan masyarakat aman ketika membeli BBM menjelang mudik lebaran Idul Fitri mendatang,” ujar Ipda Galih, Jumat (29/3/2024).

Hasil pengecekan terhadap keempat SPBU tersebut menunjukkan Ketersedian BBM Subsidi maupun Non Susidi masih dalam keadaan aman dan tercukupi. Tidak ditemukan penyalahgunaan Bahan Bakar Minyak Subsidi maupun Non Subsidi dan Tidak ditemukan kecurangan atau hal yang merugikan masyarakat.

“Stok BBM di SPBU di wilayah Kabupaten Cilacap dipastikan aman selama bulan Ramadhan dan libur panjang Idul Fitri 1445 H. Pihaknya juga memberikan himbauan kepada pengusaha SPBU agar tidak melakukan kecurangan yang dapat merugikan konsumen atau masyarakat.” Ujar galih

Pihak kepolisian akan terus melakukan patroli dialogis secara intensif kepada SPBU untuk mengantisipasi gangguan Kamtibmas. Hal ini dilakukan untuk menjaga kondusifitas masyarakat Kabupaten Cilacap menjelang musim libur dan mudik Lebaran 1445 H.

“Sehingga para pemudik dapat merasakan kenyamanan dan keamanan dalam berkendara serta mendapatkan pelayanan yang baik saat mengisi BBM di masing-masing SPBU wilayah Kabupaten Cilacap,” ungkapnya.

 

Sumber : Humas Polresta Cilacap

Editor   : Tri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.