Polresta Magelang Lakukan Pengamanan, Seluruh Rangkaian Waisak Berlangsung Aman

Perayaan Waisak 2567 BE/ 2023 dipusatkan di Candi Borobudur wilayah Kabupaten Magelang Jawa Tengah hari ini, Minggu (4/6/2023)

 

Kabarpolisi.Com  –  Magelang,  Seluruh rangkaian kegiatan perayaan Waisak 2567 BE / 2023 yang berlangsung di wilayah Kabupaten Magelang dapat berjalan aman, lancar.

Perayaan yang dipusatkan di Candi Borobudur wilayah Kabupaten Magelang Jawa Tengah hari ini, Minggu (4/6/2023) merupakan rangkaian acara puncak “Detik detik Waisak 2567 BE/ 2023” dengan ditandai pemukulan “Gong” sebanyak 3 (tiga) kali tepat pukul 10.41.19 wib,
dan percikan air suci, pembacaan Paritta Jayanto, Meditasi serta Pradaksina.

Seluruh rangkaian acara Waisak diakhiri dengan pelepasan lampion oleh seluruh umat pada malam harinya.

Sebelum rangkaian acara puncak di Candi Borobudur, telah didahului sebuah Prosesi Waisak yang diikuti para Bhiksu dan umat dengan berjalan kaki dari Candi Mendut wilayah Kecamatan Mungkid menuju Candi Borobudur.

Kapolresta Magelang Pimpin Langsung Pengamanan Perayaan Waisak 2567 BE / 2023

Dalam apel persiapan pengamanan yang dipimpin Kapolresta Magelang Polda Jateng Kombes Pol Ruruh Wicaksono S.I.K, S.H, M.H di lapangan drh.Soepardi Sawitan Kota Mungkid Kabupaten Magelang pada Minggu (4/6/2023) pukul 04.00 wib yang diikuti seluruh personil yang terlibat pengamanan.

Kapolresta Magelang mengatakan, pengamanan ini melibatkan sebanyak 952 orang personil terdiri dari Polresta Magelang, Kodim 0705 Magelang, BKO dari Sat Brimobda Jateng, BKO Polres Magelang kota, BKO Polres Wonosobo dan BKO Polres Purworejo, serta Instansi terkait yaitu Dishub, Damkar juga Satpol PP.

Bahwa kegiatan Hari Raya Waisak kembali dilakukan pada tahun ini dan akan dihadiri oleh para pejabat dari Kementerian Negara dan dari Mabes Polri, termasuk kehadiran Kapolri yang di wakili oleh As SDM Mabes Polri, ungkapnya.

“Silahkan laksanakan tugas sesuai Sprint masing-masing, jangan bekerja disaat ada Kapolresta, Perwira Pengendali (Padal) atau Perwira Pengawas (Pawas) saja, petugas Polri harus segera mengetahui akan berbuat apa dan bertanggung jawab kepada siapa serta apa yang harus dilakukan dilokasi personil bertugas”. tandasnya.

“Seperti saat di Posko Mendut, jika dilokasi pos atau tempat sekitar diketahui ada kemacetan, silahkan para petugas Polri melakukan inisiatif dengan melaksanakan pengaturan lalu lintas, termasuk pengamanan jalur dan sebagainya”, imbuhnya.

Perhatikan keselamatan saat bertugas, manfaatkan waktu yang ada, silahkan jika sudah waktunya ibadah untuk umat muslim bisa tetap melaksanakannya, jika ada kejadian atau hal yang menonjol bisa dilaporkan secara berjenjang.

“Semoga pelaksanaan kegiatan perayaan Waisak tahun 2023 ini dapat berjalan lancar sesuai dengan harapan”, pungkas Kombes Pol Ruruh.

Prosesi jalan kaki dari Candi Mendut menuju Candi Borobudur menempuh jarak kurang lebih 3,5 Km, tampak terlihat ribuan pengunjung/ penonton memadati sepanjang jalan yang dilalui rombongan prosesi.

Sesampainya di Candi Borobudur, para Bhante dan Bhiksu serta ummat Budha memasuki pelataran Candi tepatnya disisi sebelah barat, kemudian langsung melaksanakan sembahyang dan menunggu detik-detik Waisak yang akan dilaksanakan tepat pukul 10.41.19 Wib.

Selama acara prosesi sampai detik detik waisak hingga pelepasan lampion di lapangan Marga Utama Zona 2 Komplek TWCB / Lumbini oleh Ketua Umum DPP Walubi ibu Dra. S.Hartati Murdaya dan tamu VIP yang diikuti semua umat selesai, dapat berjalan dengan lancar situasi kamtibmas aman serta kondusif.

 

Sumber : Humas Polresta Magelang

Editor   : Tri

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.