Presiden Jokowi ke Polri Menyampaikan Jangan Tajam ke Bawah Tapi Tumpul ke Atas

Presiden Joko Widodo hadir di Perayaan Hari Bhayangkara ke-77 di Stadion Gelora Bung Karno, pada Sabtu (1/7/2023).

 

Kabarpolisi.Com  –  Jakarta, Presiden Joko Widodo hadir di Perayaan Hari Bhayangkara ke-77 di Stadion Gelora Bung Karno, pada Sabtu (1/7/2023).

” Presiden Joko Widodo memerintahkan agar seluruh jajaran Korps Bhayangkara tidak ada lagi yang menyalahgunakan kewenangan Polri yang begitu besar.
Kritik tersebut disampaikan langsung oleh Jokowi saat menjadi Inspektur Upacara Hari Bhayangkara ke-77 di Stadion Gelora Bung Karno, pada Sabtu (1/7/2023).

Jokowi mulanya menjelaskan apabila seluruh program Pemerintah membutuhkan peran serta dan dukungan dari Korps Bhayangkara.

Kendati demikian, ia meminta agar Polri untuk tidak menyalahgunakan kewenangan dan kekuatan yang besar itu untuk menindas masyarakat yang lemah.

“Ini harus digunakan secara benar, jangan ada yang disalahgunakan, jangan ada lagi persepsi hanya tajam ke bawah tapi tumpul ke atas,” tegasnya.

Lebih lanjut, Jokowi meminta agar Polri tidak mengabaikan hal dasar yang harus dilakukan yakni melindungi, melayani dan mengayomi masyarakat.

“Polri harus mampu beri kepastian perlindungan, harus mampu kepastian hukum, kepastian usaha bagi masyarakat dan pengusaha,” tuturnya.

Jokowi juga lantas mengibaratkan institusi Polri sebagai sapu lidi. Oleh karenanya, kata dia, seluruh anggota Polri harus bersih dan tidak melanggar aturan.

Ia memerintahkan agar tidak ada lagi blok atau kultur yang mengutamakan patron tertentu yang diikuti oleh jajaran internal kepolisian.

Di sisi lain, Jokowi juga meminta agar Polri dapat menjaga kualitas Sumber Daya Manusia sejak dari proses rekrutmen. Tak ketinggalan, ia memerintahkan agar sistem promosi di internal Polri untuk dapat diperbaiki

“Sistem promosi harus diperbaiki, sistem pengawasan harus diperketat, sistem pendisiplinan harus diperkuat,” pungkasnya.

 

( Jurnalis : Tri )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.