Pungli, Dua Pegawai Dishub Ditangkap Polisi

Kapolres Metro Jakara Utara Kombes Polisi Dwiyono (Foto Istimewa)

Jakarta, kabarpolisi.com – Tim Saber Pungli Polres Metro Jakara Utara, berhasil menangkap tangan empat orang diduga telah melakukan pungutan liar (pungli) parkir di wilayah Kecamatan Kelapa Gading Jalan Suma Agung 3 Blok L Kelapa Gading Timur Kelapa Gading Jakarta Utara.

Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Pol Dwiyono mengatakan, dua dari empat orang yang ditangkap tersebut merupakan pegawai Dinas Perhubungan, sedangkan yang dua orang lagi merupakan juru parkir.

“Mereka ditangkap hasil Operasi Tangkap Tangan (OTT) Tim Saber Pungli pada hari Senin (27-03-2017) sekira pukul 13.30 WIB,,” ujar Kapolres Selasa 28-03-2017.

Operasi tangkap tangan tersebut dilakukan atas informasi yang diterima dari masyarakat tentang adanya pungli biaya parkir dikawasan Kecamatan Kelapa Gading. Kemudian dilakukan lidik dan berhasil mengamankan tersangka saat sedang memakai atribut Petugas Dishub saat mengambil pungutan parkir di daerah kelapa Gading.

Petugas Dishub yang ditangkap AM, dari Unit Pengelola Parkir Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta yang berperan sebagai Korlap. Dari yang bersangkutan diamankan barang bukti uang tunai setoran Rp 225.000 hasil setoran dari tersangka juru parkir mobil dan uang tunai setoran tunai Rp 130.000, serta surat tugas yang dikeluarkan dari Dishub Jakarta Utara tertanggal 14 Oktober 2016.

Kemudian tersangka M, pegawai Sudinhub Unit Pengelola Parkir. Dari yang bersangkutan diamankan barang bukti berupa kertas restribusi peneng Dishubtrans Jakarta Utara. “Tersangka M ini setiap hari kerja menerima uang setoran sebesar 270 ribu dari juru parkir,” ujar Kapolres.

Kemudian dua juru parkir yang diamankan tersebut yakni berinisial H, dengan barang bukti yang diamankan berupa 1 bendel karcis parkir mobil, sisa setoran Rp 77 ribu. Sedangkan dari tersangka juru parkir berinisial JO, disita barang bukti 1 buku karcis motor, dan sisa uang setoran Rp 85 ribu.

Hasil pemeriksaan yang dilakukan, kegiatan tersebut berlangsung sudah dari tahun 2013 sampai sekarang. Dalam sehari mereka menghasilan Rp 1.035.000, dan keuntungan pungutan liar sebesar Rp 335.000 sehari. Rp 60 Ribu untuk ABD, Rp 275 ribu untuk pimpinan Dishub demikian disampaikan Humas Polres Metro Jakarta Utara (rizal/hamzah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.