Raih Dua Penghargaan, Kapolri Apresiasi Penerapan Manajemen Lalu Lintas Polda Jateng

Semarang – Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol Suryo Nugroho memperoleh penghargaan terbaik pada dalam acara Integrated Road Safety Management System (IRSMS) Award 2022, yang dilaksanakan di Hotel JW Marriott, Surabaya, Jawa Timur, Jumat, 25 Maret.

IRSMS merupakan lomba aktifitas pelaporan menggunakan aplikasi data laka lantas online/IRSMS yang diselenggarakan Korlantas Mabes Polri dan diikuti oleh Dirlantas Polda Se Indonesia.

Kriteria yang dinilai yakni kinerja, validitas, kecepatan pelaporan data laka lantas, dan penurunan angka fatalitas korban dengan terobosan-terobosan kreatif berbasis teknologi informasi yang tersinkronisasi dengan PT Jasa Raharja.

Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol Agus Suryo Nugroho menyampaikan penghargaan tersebut merupakan kebanggaan bagi Ditlantas Polda Jateng dan seluruh anggota lalu lintas Polda Jateng.

“Kita apresiasi dan turut bangga atas prestasi yang telah diraih. Hal ini membuktikan bahwa dengan kerja keras dan bersungguh-sungguh akan membawa hasil yang luar biasa,” jelasnya.

Ia meminta seluruh jajaran agar terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Penghargaan yang diraih tersebut diharapkan bisa dijadikan pemecut semangat satuan lainnya untuk berbuat lebih dalam memberikan pengabdian serta pelayanan terbaik bagi masyarakat.

“Sesuatu yang besar berawal dari hal kecil. Ide-ide sederhana jika dikembangkan dengan serius akan dapat menjadi sesuatu yang besar yang tentunya membawa manfaat tidak hanya bagi Kepolisian tetapi terutama masyarakat,” tandasnya.

Terpisah Dirlantas Polda Jateng juga mendapat mendapat penghargaan sebagai yang terbaik dalam pengembangan ETLE Mobile dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Penghargaan diberikan saat meresmikan ETLE tahap 2 di Hotel Wyndham, Embong Kaliasin, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur, Sabtu, 26 Maret.

Jenderal Sigit menuturkan saat sedang mengembangkan teknologi kamera ETLE. Hal ini merupakan upaya Polri untuk meningkatkan keamanan bagi masyarakat dalam konsep smart city

BACA JUGA  GPK Aliansi Tepi Barat Gelar Audiensi di DPRD Magelang Terkait Kasus Tindakan Asusila Kyai di Pondok Pesantren

Konsep tersebut dapat mengurangi angka kecelakaan dan juga angka kejahatan di jalanan.

“Konsep smart city ini akan kita integrasikan antara sistem yang ada di command center kami kita integrasikan dengan pelayanan-pelayanan yang ada di pemerintah daerah,” terangnya.

Menurutnya pelayanan dengan berbasis digital juga terus ditingkatkan untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat.

Hal tersebut diperlukan sosialisasi menyeluruh terhadap para pengendara agar bisa mengurangi risiko kecelakaan yang mengakibatkan korban jiwa.

“Berdasarkan data kecelakaan lalu lintas yang diterbitkan oleh Korlantas Polri, angka kecelakaan terus menurun di daerah-daerah yang sudah terpasang ETLE,” jelasnya.

Jenderal Listyo Sigit menilai adanya ETLE bisa menjadi bagian dari edukasi penegakkan hukum kepada masyarakat agar selalu sadar dan patuh terhadap peraturan lalu lintas. Saat ini telah terdapat 14 wilayah Polda terdapat ETLE.

“14 wilayah Polda, di antaranya Polda Sumatera Utara, Polda Sumatera Selatan, Polda Bangka Belitung, Polda Kalimantan Barat, Polda Kalimantan Tengah, Polda Kalimantan Selatan, Polda Kalimantan Timur, Polda Gorontalo, Polda Bali, Polda NTB, Polda NTT, Polda Bengkulu, Polda Papua Barat, dan Polda Papua,” paparnya. / voi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.