Salah Ucap Sumpah, Bamsoet Ulangi Hingga 3 Kali

JAKARTA, kabarpolisi.com – Kursi Ketua DPR yang sudah lama kosong sejak ditinggalkan oleh Setya Novanto yang tersangkut kasus e-KTP, kini telah terisi kembali. Bambang Soesatyo resmi ditunjuk dan dilantik menggantikan posisi Novanto tersebut.

Bambang Soesatyo yang dilantik sebagai Ketua DPR, pada saat mengucapkan sumpah, pria yang akrab disapa Bamsoet ini diminta mengulangi hingga 3 kali pada saat pelantikan yang berlangsung di ruang paripurna, gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (15/1/2018).

Sumpah Ketua DPR dipandu oleh Ketua MA Hatta Ali dan didampingi seorang rohaniwan. Awalnya, pelafalan sumpah berjalan lancar. Bamsoet mengikuti kalimat demi kalimat yang diucapkan oleh Hatta Ali. 

“Demi Allah saya bersumpah. Bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai Ketua DPR dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan dengan berpedoman pada Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Bahwa saya dalam menjalankan kewajiban akan bekerja dengan sungguh-sungguh demi tegaknya kehidupan demokrasi.”

Dilansir detik.com, Bamsoet sempat salah menirukan sumpah yang dibacakan oleh Hatta Ali. Begini kejadiannya:

Hatta Ali: serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara 
Bamsoet: dengan mengedepankan kepentingan bangsa dan negara
Hatta Ali: ulangi. Serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara 
Bamsoet: dengan mengutamakan kepentingan bangsa dan negara 
Hatta Ali: ulangi. serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara 
Bamsoet: serta mengedepankan kepentingan bangsa
Hatta Ali: ulangi. 

Akhirnya, Hatta Ali memenggal kalimat dengan lebih pendek. Bamsoet pun tidak salah lagi. 

“Serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara dibanding kepentingan pribadi seseorang dan golongan,” ucap Bamsoet.(Doni)

BACA JUGA  Polri Rencana Bentuk Tim Pemberantasan Mafia Tanah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.