Sudah 2,5 juta Warga Sumbar yang telah Divaksin

  • Bagikan

Waka Polda Brigjen Pol Edi Mardianto sedang memberikan penjelasan kepada wartawan, Sabtu (4/12)

PADANG – Program Sumbar Sadar Vaksin atau Sumdarsin yang digebyar Polda Sumbar bersama jajaran bekerjasama dengan Pemprov, Forkopimda, TNI, Pemkab dan Pemko Se Sumbar telah berhasil memvaksin 2,5 juta orang.

“Gebyar Sumdarsin sudah mencapai 55,9 persen atau kurang lebih sudah menjangkau 2,5 juta warga Sumbar,” jelas Waka Polda Sumbar Brigjen Pol Edi Mardianto, S.Ik. M.Si kepada wartawan di Padang, Sabtu (4/12/2021).

Waka Polda Sumbar ditanya wartawan tentang hasil dan pencapaian program Sumdarsin yang sudah digelar sejak dua bulan lalu.

Menurut jenderal polisi bintang satu di Polda Sumbar ini, pencapaian program vaksinasi hari ini sudah jauh lebih baik dibandingkan kondisi sebelum ada program Gebyar Sumdarsin.

“Sebelumnya pencapaian vaksinasi di Sumbar sangat jauh dibandingkan propinsi lain. Tetapi sekarang justru kita jauh lebih bagus pencapaian vaksinasinya,” papar Edi Mardianto ramah.

Menurut Waka Polda dua Kapolda ini, keberhasilan Gebyar Sumdarsin ini adalah karena satu padunya antara jajaran Polda Sumbar dengan pemerintahan, Forkopimda dan TNI dalam membangun kolaborasi.

“Kita juga bekerjasama dengan Pemda, Forkopimda, TNI. Semua kita laksanakan untuk kebersamaan dan meningkatkan lagi keinginan masyarakat untuk di vaksin,” ujar Jenderal Edi.

Oleh sebab itu, katanya pula, Polda Sumbar optimistis sampai akhir 2021 program vaksinasi di Sumbar akan mencapai target 70 persen, atau bertambah sekitar 15 persen selama kurang dari satu bulan lagi.

Program Gebyar Sumdarsin dilakukan di 19 kabupaten dan kota secara serentak pada setiap Sabtu.

Di Padang Panjang dilakukan rutin di kantor kecamatan dan pasar. Untuk menjaring masyarakat Polres menurunkan Bhabinkamtibmasnya untuk mengikuti vaksin.

BACA JUGA  Di Pantai Sulamadaha Kapolri Minta Jajarannya untuk Tindak Tegas Anggota Polisi yang Bermasalah

Selain itu, ada juga mobil halo halo milik Diskominfo dan atau BPBD Padang Panjang yang menyerukan kepada warga untuk ikut vaksin.

Terakhir, Pemko Padang Panjang menurunkan tim door to door ke rumah warga untuk menyosialisasikan pentingnya vaksinasi.

Atas prestasi baik dalam pencapaian vaksinasi tahap pertama 100 persen, Kapolres Padang Panjang AKBP Novianto Taryono, SIk menerima penghargaan dari Gubernur Sumbar Mahyeldi.

Presiden Jokowi memang memberikan penekanan khusus kepada jajaran Polri untuk menyukseskan program vaksinasi.

Presiden Jokowi kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menegaskan akan mencopot Kapolda yang tidak berhasil mencapai target vaksinasi di wilayah hukumnya.

Pemerintah menargetkan pencapaian vaksinasi 70 persen, sehingga tercipta kekebalan kelompok (herd immunity) terhadap Covid -19. (*)

Awaluddin Awe

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *