Sukses Berantas Narkoba, AKBP Ronaldo Maradona Siregar jadi Kapolres Bulungan

AKBP Ronaldo Maradona Siregar

JAKARTA – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan mutasi besar-besaran dilingkungan kepolisian. Sejumlah Perwira Polisi menduduki jabatan baru. Termasuk Jabatan sebagai Kapolda hingga Kapolres.

Salah satu yang menarik perhatian yakni Kasat Narkoba Polres Jakarta Barat AKBP Ronaldo Maradona Siregar, ia didapuk menjadi Kapolres Bulungan Kaltara berdasarkan TR Kapolri tertanggal 26 Juli 2021.

Diketahui, Ronaldo Maradona merupakan kasat Narkoba yang cukup mentereng.Dirinya sempat menangkap penyanyi papan atas Anji Manji dalam kasus narkoba. Bahkan ia juga sempat membeberkan permasalahan penangkapan tersebut di podcast deddy corbuzier.

Kini perwira dengan melati dua di Pundaknya tersebut mendapatkan promosi jabatan.Ia didapuk menjadi Kapolres Bulungan Kaltara berdasarkan TR Kapolri tertanggal 26 Juli 2021.

Alasan jadi Polisi

Seperti dilansir Tribunbatam, Ronaldo Maradona Siregar menjadi trending topic karena menangkap musisi Erdian Aji Prihartanto alias Anji.

Dia juga ternyata adalah otak dibalik penangkapan pabrik sabu di Banten seberat 1 ton. Ia juga menangkap artis Vitalia Shesa, Jeff Smith, Jennifer Jill dan berbagai artis lain terjerat narkoba.

Lalu siapa Ronaldo Maradona Siregar?

Ia terlahir dari keluarga Pegawai Negeri Sipil (PNS).Ayahnya adalah PNS kecil di tahun 1980-an. Sehingga, ayah Ronaldo harus menjadi supir pas pulang kantor.

Dalam perjalanan masa lalu, mobil itu pun dicuri seseorang. Sehingga, polisi perwira berpangkat dua melati ini pun bercita-cita menjadi polisi.

Kejadian itu terjadi ketika ia duduk di bangku SMP kelas 8. Saat itu, mobil Carry Futura milik ayahnya hilang digondol maling.

Padahal, kata Ronaldo, mobil tersebut adalah alat dari sumber mata pencaharian keluarganya.

Selain sumber mata pencarian, kendaraan roda empat yang hilang adalah transportasi Ronaldo bersama saudara kandungnya untuk pergi dan pulang ke sekolah.

Setelah mobil itu tidak ada, maka Ronaldo sudah mulai mandiri untuk pergi sekolah dengan angkutan umum.

“(Bapak) bisa dibilang miskin tinggal di Perumnas sampai sekarang rumah orang tua saya di sana, pokoknya seadanya lah itu rumah,” kata Ronaldo.

Sehabis lulus SMP, Ronaldo pun melanjutkan ke SMA Taruna Nusantara di Magelang, Jawa Tengah.

Di sana, ia mulai hidup mandiri karana tinggal di asrama dan Ronaldo belajar dengan sungguh-sungguh demi bisa menjadi anggota kepolisian.

Hingga, tahun 2000, pun dia lulus masuk ke Akademi Kepolisian ( Akpol ).

Setelah 3,5 tahun belajar, dia pun lulus pada peringkat ketiga pada lulusan Akpol 2003 lalu. Sehingga, dia pun mengikuti upacara kelulusan dari presiden RI.

Saat ini, dia menjabat sebagai Kasat Narkoba Polres Jakarta Barat Polda Metro Jaya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.