Survei Litbang Kompas: Elektabilitas Jokowi Meningkat

JAKARTA, kabarpolisi.com – Elektabilitas Joko Widodo (Jokowi) sebagai bakal calon presiden 2019 terus meningkat dibandingkan dengan Prabowo Subianto yang terus menurun.

Hal tersebut berdasarkan hasil survei yang dirilis oleh tim survei Litbang Kompas. Survei tersebut dilakukan pada 21 Maret hingga 1 April 2018. Survei dilakukan kepada 1.200 secara periodik dengan peserta berusia 17 tahun yang dipilih acak di 32 Provinsi.

Hasilnya, elektabilitas Jokowi 55,9 persen. Angka tersebut meningkat dibanding survei 6 bulan lalu yang mencatat elektabilitas Jokowi masih 46,3 persen.

Kandidat capres lain yang disurvei adalah Ketum Gerindra Prabowo Subianto. Elektabilitas Prabowo tercatat 14,1 persen. 6 Bulan lalu, elektabilitas Prabowo terekam 18,2 persen.

Seperti Prabowo, elektabilitas Gatot Nurmantyo juga turun. Elektabilitas mantan Panglima TNI itu tinggal 1,8 persen, padahal 6 bulan lalu 3,3 persen. Elektabilitas nama-nama lain juga turun hingga kurang dari 1 persen. 

Kenaikan elektabilitas Jokowi seiring dengan kenaikan kepuasan terhadap Pemerintah yang terus naik. Dalam survei ini, kepuasan terhadap Pemerintah tercatat mencapai 72,2 persen. Angka ini naik dari survei 6 bulan lalu, yang mencatat kepuasan terhadap pemerintah 70,8 persen.(****)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.