Ungkap Penculikan Bocah, Polri Dipuji Rakyat Argentina

JAKARTA, kabarpolisi.com – Keberhasilan Polri mengungkap kasus hilangnya Alum Langone Avalos bocah berusia 7 tahun asal Argentina, menjadi perhatian dunia.

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian mengatakan, media asing banyak membicarakan keberhasilan Polri dalam mengungkap kasus tersebut.

“Di medsos dan media mainstream di Argentina banyak bicarakan Indonesia dalam posisi yang bagus, yakni kecepatan pemerintah Indonesia untuk membantu,” kata Tito di Mabes Polri. Kamis, (08/02 2018)

Kapolri mengatakan bahwa kasus yang menimpa Alum ini merupakan kejahatan serius, terlebih di negara asalnya Argentina.

“Kasus ini dianggap kejahatan serius karena membawa anak di luar hak asuh nya. Ini isu sensitif di Argentina,” ujar Tito.

Mengenai proses hukum kasus ini sendiri, Polri menyerahkan sepenuhnya kepada Argentina, sebab Polri hanya sebatas menemukan Alum.

Duta Besar Argentina untuk Indonesia Ricardo Luis Bocalandro mengatakan,
pihaknya sangat mengapresiasi respons cepat Kepolisian Indonesia menemukan Alum yang dibawa kabur oleh ayah kandungnya sendiri, Jorge Gabriel Langone.

“Kami sangat mengapresiasi polisi Indonesia, pertolongan media dan respons masyarakat Indonesia. Kami, mewakili Argentina benar-benar berterima kasih kepada kalian semua,” ujar Ricardo.

Alum diketahui hilang sejak Juni 2017, Cerita hilangnya Alum berawal saat Alum dibawa pergi oleh mantan suami Elizabeth, Jorge Langone (41), bersama teman wanitanya pada 2017 lalu ke luar Argentina.

Elizabeth menyebut Jorge yang merupakan seorang musisi membawa Alum ke Bolivia dan kemudian ke Malaysia. Pada 24 Januari 2018, Elizabeth menyampaikan konferensi pers difasilitasi oleh Kedutaan Besar Malaysia.

Menurut Kedubes Argentina untuk Malaysia, Manuel Balaguer Salas, ketiganya diketahui memasuki Malaysia melalui perbatasan Johor. Ketiganya terakhir kali terlihat di Malaysia di daerah Kuala Pilah pada Desember 2017.

Sekitar seminggu setelah Elizabeth menyampaikan konferensi pers di Malaysia, beredar informasi mengenai hilangnya Alum yang disebut terakhir kali terlihat di Jakarta, Indonesia.(Erik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.