DAERAH  

Amankan MTQ, Polres Kerahkan 200 Personel Gabungan Sampai ke Penginapan

PAM MTQWakapolres Padang Panjang Kompol Alvira, SH sedang memimpin rapat kordinasi pengamanan MTQ,di Aula Mapolres, Senin (8/11).

PADANG PANJANG – Polres Padang Panjang kerahkan 200 personel gabungan untuk mendukung pengamanan MTQ Nasional tingkat Sumbar di Padang Panjang, yang akan berlangsung mulai 12 – 19 November 2021.

Penyelenggaraan MTQ dipusatkan di Islamic Centre Padang Panjang, sementara para Kafilah ditempatkan di rumah warga.

Wakapolres Padang Panjang Kompol Alvira, SH menyebutkan bahwa dukungan keamanan terhadap penyelenggaraan MTQ bukan saja di lokasi acara, tetapi juga mencapai tempat penginapan para Kafilah di rumah warga.

“Hari ini kita akan mengecek kesiapan pengamanan MTQ sampai ke tempat penginapan para Kafilah,” kata Wakapolres saat memimpin rapat kordinasi yang dihadiri Kabag Ops, AKP Simamora, Kepala Satpol PP Damkar, Drs. Alber Dwitra, MM, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub), Arkes Refagus, S.Sos, dan perwakilan TNI, di Aula Mapolres, Senin (8/11).

Kompol Alvira menyebutkan, untuk menjamin kegiatan pengamanan dan angkutan selama gelaran MTQ ini, diawali dengan tahap persiapan.

Tahapan itu pengecekan kesiapan personil yang akan ditugaskan di setiap lokasi, pengecekan sarana yang digunakan, mengecek lokasi yang akan dipergunakan selama MTQ baik lokasi perlombaan dan juga penginapan.

Untuk mendukung pengaman, jelas Kompol Alvira, akan dikerahkan 200 personel gabungan dari Polres, TNI, Satpol PP, BPBD dan Personel Dishub Padang Panjang.

Persiapan pengamanan MTQ ditujukan dari pengawalan kedatangan kontingen daerah, pengamanan pelaksanaan administrasi kafilah, pelantikan dewan hakim, pembukaan MTQ, pelaksanaan lomba, dan sampai penutupan.

Terkait dengan pengamanan ini, Kompol Alvira meminta masyarakat Padang Panjang bisa ikut terlibat aktif untuk menjaga keamanan di lokasi masing-masing dan menghormati setiap tamu yang datang.

Kepala Dinas Perhubungan Padang Panjang Arles menjelaskan untuk mendukung transportasi selama MTQ sudah disiapkan sebanyak 58 kendaraan.

Kendaraan itu, sebut Arkes, akan dipergunakan sebagai angkutan dewan hakim, announcer, IT dan operator.

“58 kendaraan ini terdiri dari bus roda enam, mobil pribadi, dan juga mobil operasional Pemko. Semua kendaraan akan diuji kelayakan sebelum dipergunakan,” kata Arkes.

Menjelang hari H penyelenggaran MTQ, tambah Kompol Alvira, akan dilakukan apel persiapan bagi tim gabungan pada Kamis (11/11) mendatang.

Selain itu, juga akan dilakukan pengecekan dan uji kelayakan transportasi yang dipergunakan untuk mendukung pelaksanaan MTQ. (*)

Relis
Awaluddin Awe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.