DAERAH  

Ciptakan Pemilu Damai, Polsek Secang Bersama Forkopimcam Gelar Silaturahmi

Dukung Operasi Mantap Brata Candi 2023-2024, Polsek Secang Gelar Silaturahmi,Rabu (01/11/2023)

Kabarpolisi.Com – Magelang, Polresta Magelang-Polda Jawa Tengah – Dalam rangka mendukung pelaksanaan Operasi Mantap Brata Candi 2023-2024 guna menciptakan Pemilu damai aman dan kondusif, Polsek Secang Polresta Magelang menggelar acara Silatrahmi Forkopimcam Bersama Penyelenggara Pemilu Panwascam, Unsur Parpol dan Laskar. Kegiatan dilaksanakan di Rumah Makan Kopi Klotok Dusun Kerten, Desa Krincing, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang, Rabu (01/11/2023) pagi.

Acara Sulaturahmi tersebut dihadiri pejabat Forkopimcam Secang, yaitu Kapolsek Secang AKP Sutarman, Camat Secang Supomo, dan Komandan Kramil 05/Secang diwakilkan Bati Tuud Peltu Saparnoto. Hadir pula para Kanit Polsek Secang, Ketua PAC dari 6 Parpol, Ketua PPK Secang Rinto Sofian, Panwascam Secang Nurul Ekawati, dan pimpinan Laskar Parpol.

Dalam sambutannya, Kapolsek Secang Polresta Magelang AKP Sutarman mengatakan maksud dan tujuan dari acara tersebut untuk mempererat tali silaturahmi, sehingga hubungan komunikasi tetap terjaga dengan baik. Maka pihaknya mengundang Forkompincam, Penyelenggara Pemilu , Paswascam, unsur parpol dan laskar parpol di Wilayah Hukum Polsek Secang Polresta Magelang.

“Kita dari Pihak Polri dan TNI selalu bersinergitas dalam mengawal Pemilu 2024 dari tahapannya mulai tahun 2023 ini. Serta selalu menjaga Netralitas Pemilu guna menciptakan Pemilu yang damai, aman dan kondusif. Untuk itu tentunya perlu dukungan dari semua fihak, baik unsur Penyelenggara Pemilu, Panwascam maupun dari unsur Parpol/Laskar itu sendiri,” ujar AKP Sutarman.

Selanjutnya, Kapolsek Secang menyampaikan sosialisasi dan memberikan gambaran tata cara perizinan atau pemberitahuan kegiatan kampanye pemilu pada masa kampanye pemilu 2024. Di mana kegiatan kampanye akan dilaksanakan selama 75 hari mulai tanggal 28 Nopember 2023 sampai dengan 11 Februari 2024.

Sementara itu Camat Secang Supomo mngapresiasi kehadiran para undangan yang dari Polsek Secang di acara itu. Menurutya hal itu menjadi gambaran kecil dari Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang berbeda beda tapi tetap satu juga.

“Mari kita sama-sama menjaga dan mewujudkan Pemilu yang aman, damai aman dan kondusif dengan kita saling menghormati dan menghargai satu dengan yang lain, termasuk menghargai perbedaan,” ajak Camat Secang Supomo.

Danramil 05/Secang Kodim 0705/Magelang melalui Bati Tuud Peltu Saparnoto mengajak yang hadir dan seluruh masyarakat Kecamatan Secang, untuk menciptakan Pemilu yang aman, damai aman dan kondusif. Diajak pula masyarakat menyambut pemilu dengan gembira dan jangan sampai pesta demokrasi ini tercoreng dengan hal-hal yang bisa merusak kegembiraan masyarakat.

“Saya harap apabila ada permasalahan di wilayah Kecamatan Secang bisa langsung berkoordinasi dengan perangkat Pemilu maupun dengan Babinsa, Babinkamtibmas yang ada di masingmasing Desa di Kecamatan Secang,” harapnya.

Ketua PPK Secang Rinto Sofian mengharapkan saat pelaksanaan kampanye oleh Partai Politik harus dengan langkah dan cara yang edukatif yang sifatnya mendidik. Dalam rangka menyambut Pesta Demokrasi Pemilu 2024 di Kecamatan Secang, Rinto mengajak untuk belajar dari kesuksesan penyelenggaraan Pemilu tahun 2019 dan bisa lebih sukses.

“Kami berharap dalam kampanye, dapat menyampaikan program yang bersifat positif dengan memberikan materi unggulan yang bersifat mendidik agar dalam tahapan Pemilu berjalan sukses dan lancar,” harapnya.

Panwascam KecamatanSecang Nurul Ekawati mengatakan bahwa penyelenggara pemilu tidak lepas dari jeratan sanksi hukum atas perilaku yang tidak sesuai dengan sumpah dan janji yang diucapkan. Masalah yang timbul akan diselesaikan oleh DKPP (Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu) dan itu berlaku untuk seluruh Pengawas Pemilu.

“Untuk itu, mari kita jaga dan ikuti aturan dan tahapan yang telah di tentukan dan disahkan agar tercipta Pemilu yang damai, aman dan kondusif,” ajaknya.

 

Sumber : Humas Polresta Magelang

Editor   : Tri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.