DAERAH  

Dengan Pengamanan TNI/Polri Serta Instansi Terkait, Kirab Pemilu 2024 Di Wilayah Kabupaten Magelang Berlangsung Aman

Kapolresta Magelang Polda Jawa Tengah Kombes Pol Ruruh Wicaksono, S.I.K., S.H., M.H. Pengamanan dan pengawalan kirab Pemilu dari perbatasan Tugu Ireng Jogja-Jawa Tengah.Sabtu (29/07/2023).

 

Kabarpolisi.Com  –  Magelang, Kegiatan Kirab Pemilu 2024 yang melibatkan KPU Provinsi D.I. Yogyakarta dan KPU Kabupaten Gunung Kidul menuju KPU Kabupaten Magelang berlangsung lancar dan tertib seperti terlihat pada, Sabtu (29/07/2023) sore.

Kapolresta Magelang Polda Jawa Tengah Kombes Pol Ruruh Wicaksono, S.I.K., S.H., M.H., dalam keterangannya menjelaskan bahwa Polresta Magelang telah menyiapkan 162 personel untuk melakukan pengamanan dan pengawalan kirab dari perbatasan Tugu Ireng Jogja-Jawa Tengah hingga Candi Borobudur sebagai lokasi Foto Bersama para peserta Kirab Pemilu yang merupakan Ikon Jawa Tengah, ungkapnya.

Tim pengawal kirab dari KPU Provinsi Jawa Tengah dan KPU Kabupaten Magelang bersiap menyambut rombongan Kirab Pemilu 2024 di perbatasan tepatnya Tugu Ireng Salam. Rombongan kirab melanjutkan perjalanan menuju Kantor KPU Kabupaten Magelang melalui rute Salam – Muntilan – Palbapang Mungkid – pertigaan Blondo, Mungkid – Kantor KPU – Lapangan drh. Soepardi Kabupaten Magelang.

Sebanyak 29 unit kendaraan ikut serta dalam kirab, dengan pengawalan di depan dan belakang rombongan oleh Polresta Magelang termasuk para Personel pengamanan disepanjang jalur yang dilalui oleh peserta Kirab dari Polresta Magelang dibantu oleh Kodim 0705 Magelang, Satpol PP, dan petugas dari KPU Kabupaten Magelang.

Acara Seremoni serah terima Kirab Pemilu 2024 di halaman Kantor Setda Kabupaten Magelang dihadiri oleh berbagai tokoh, antara lain Bupati Magelang Zaenal Arifin, S.I.P., Kapolresta Magelang Kombes Pol Ruruh Wicaksono, S.I.K., S.H., M.H., Dandim 0705/ Magelang Letkol Inf Jarot Susanto S.H, M.Si, dan Ketua KPU DIY bapak Hamdan Kurniawan, S.I.P., M.A., Ketua KPU Propinsi Jateng Paulus Widiyantoro, S.E., M.M. dan Ketua KPU Kabupaten Magelang Afiffudin, S.Ag, serta para tokoh politik juga panitia penyelenggara pemilu 2024.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Kabupaten Magelang mengucapkan terima kasih atas dukungan dan partisipasi semua pihak dalam mensukseskan kirab Pemilu 2024. Ia juga menggaris bawahi bahwa, “Pemilu merupakan sarana integrasi bangsa dan wujud kebhinekaan dalam bingkai NKRI,” tandasnya.

Selain itu, Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah memberikan apresiasi kepada pemerintah Kabupaten Magelang atas dukungan dari forkopimda serta jajaran KPU Kabupaten Magelang dalam mensukseskan acara kirab Pemilu 2024.

“Provinsi Jawa Tengah menjadi salah satu provinsi dengan jumlah kabupaten/kota terbanyak yang dilewati kirab, yaitu melewati 28 kabupaten/kota dari 5 jalur,” ujarnya.

Turut hadir pula Ketua KPU Provinsi DIY Hamdan Kurniawan, yang menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan hangat dari masyarakat di Kabupaten Magelang.

“Dalam kirab ini, KPU Provinsi DIY membawa 100 orang dari komisioner maupun sekretariat KPU dan Bawaslu di seluruh kabupaten/kota di wilayah Provinsi DIY,” ungkapnya.

Bupati Magelang menyambut baik diselenggarakannya kirab Pemilu 2024 sebagai upaya meningkatkan partisipasi aktif masyarakat dalam proses Pemilu yang bermartabat dan berintegritas.

Puncak acara ditandai dengan penandatanganan dan deklarasi pemilu sebagai sarana integrasi bangsa oleh KPU, Bawaslu, Forkopimda, dan partai politik. Selain itu, dilakukan penyerahan bendera kirab partai politik peserta pemilu 2024 dan pataka serta bendera 18 partai politik peserta pemilu 2024.

“Semoga kirab Pemilu 2024 dapat berlangsung dengan sukses hingga acara sosialisasi di kota Magelang pada tanggal 4 dan 5 Agustus 2023 mendatang berjalan lancar. Semangat untuk menciptakan Pemilu yang aman dan kondusif juga diharapkan menjadi tanggung jawab bersama dari semua pihak yang terlibat,” tutup Bupati Magelang.

 

Sumber  : Humas Polres Magelang

Jurnalis : Tri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.