DAERAH  

Kapolresta dan Dandim Pimpin Apel Kesiapan Pengamanan Kunjungan Kaisar Jepang di Candi Borobudur

Kapolresta Magelang Kombes Pol Ruruh Wicaksono, S.I.K., S.H., M.H., bersama Dandim 0705/Magelang Letkol Inf Jarot Susanto, S.H.,M.Si, Pimpin Apel di Lapangan Samudera Raksa Candi Borobudur. Pada Kamis (22/06/2023).

 

Kabarpolisi.Com  –  Magelang,  Pengamanan Kunjungan Kaisar Jepang Naruhito dan Permaisuri Masako ke Candi Borobudur oleh jajaran TNI-Polri dilaksanakan pada Kamis (22/06/2023) pagi.

Namun sebelumnya telah digelar apel persiapan pengamanan pada pukul 05.00 wib, di 2 (dua) tempat yang berbeda yaitu di Lapangan Samudera Raksa Komplek Candi Borobudur dan Lapangan depan Koramil Muntilan

Apel di Lapangan Samudera Raksa Candi Borobudur dipimpim Kapolresta Magelang, Polda Jawa Tengah KBP Ruruh Wicaksono, S.I.K., S.H., M.H., bersama Dandim 0705/Magelang Letkol Inf Jarot Susanto, S.H.,M.Si.

Serta di ikuti Pejabat Utama Polresta Magelang, Para Kasat, Kasi Polresta Magelang, Para Kapolsek Jajaran Polresta Magelang, Para Danramil Jajaran Kodim 0705/Magelang.

Diwaktu yang sama bertempat dilapangan depan Koramil Muntilan bertindak selaku Pimpinan apel yaitu Komandan Kodim/0706 Temanggung Letkol Inf Sriyono, di ikuti Personil TNI-Polri serta Dinas Perhubungan Kabupaten Magelang.

Terlihat hadir pula di lapangan Samudera Raksa Wadan Den Gegana Sat Brimob Polda Jateng AKP Edi Sulistiyono, S.H, 1 (satu) Pleton Den Gegana Sat Brimobda Polda Jawa Tengah, 1 (satu) Tim Matan Yonif R 400/R, 2 (dua) Tim Contra Tim Sniper Yonif Mek 403/WP, 2 SST Pam Tirai Yon Armed 3, 1 Tim Sec Food BPOM, 1 Tim Dukkes RSUD Kab Magelang, 1 Tim Jibom Brimob Polda Jateng, 1 Unit Rantis Anoa Yoniv MEK 403/WP, 2 Unit Secdoor Zonzipur 4/TK, 2 Unit Secdoor Polda Jateng, 1 Tim WAN Tni, 1 Tim Satwa Polresta Magelang, 2 SST Kodim 0705 Magelang, 1 SST Sabhara Polresta Magelang, 1 SST Satlantas Polresta Magelang, 1 Tim PLN Kab Magelang, 1 Tim Damkar Kab Magelang, 1 Pleton Satpol PP Kab Magelang, 1 Pleton Yon Armed 3.

Kapolresta Magelang menyampaikan bahwa kegiatan pengamanan ini melibatkan personil dari Polresta Magelang sebanyak 253 orang dari Polresta Magelang ditambah personil TNI, BKO dari Sat Brimobda Jateng, juga diikuti oleh Instansi terkait,” Kata KBP Ruruh.

Lebih lanjut Kapolresta Magelang menjelaskan bahwa dalam pelaksanaan kegiatan kunjungan ini sudah dilakukan gladi pengamanan pada tanggal (20/06) dari Wilayah Perbatasan Jogjakarta dengan Jawa Tengah sampai dengan sepanjang rute yang akan dilalui menuju lokasi Komplek Candi Borobudur oleh Kaisar Jepang beserta rombongan.

“Silakan laksanakan tugas sesuai Sprint masing-masing, anggota yang melaksanakan pengamanan dilokasi jangan terlihat menggerombol”, tegasnya.

Lebih lanjut Kombes Pol Ruruh menyampaikan pada saat kunjungan Kaisar Jepang Obyek wisata candi Borobudur akan di tutup dari pagi sampai dengan pukul 10.00 Wib, laksanakan sterilisasi terlebih dahulu oleh Tim Penjinak Bom (Jibom) dari Brimob Polda Jawa Tengah di hotel Manohara dan di wilayah sekitar Kenari yang akan dijadikan lokasi untuk singgah Kaisar Jepang beserta rombongan.

“Laksanakan tugas sebaik mungkin, walaupun kita sudah terbiasa melaksanakan PAM VIP namun jangan sampai lengah”, imbuhnya.

Dilokasi yang sama Komandan Kodim 0705/Magelang dalam sambutannya menyampaikan bahwa saat ini kita sudah mendapatkan perintah tugas untuk melaksanakan pengamanan kunjungan Kaisar Jepang beserta rombongan ke wilayah Candi Borobudur, dan sudah kita bagi untuk personil pengamanan di Ring 1, 2 dan 3.

Untuk seluruh personil sudah dilaksanakan gladi dan diharapkan mengerti tugas dan peran masing-masing, “Pada saat ada hal yang perlu dilaporkan segera bisa melalui HP, HT maupun alat komunikasi lainnya, baik langsung kepada saya selaku Dansubsatgas ataupun kepada bapak Kapolresta Magelang”, ungkapnya.

“Laksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab dan jangan ada yang meninggalkan tugas sampai dengan kegiatan ini selesai”.

“kita semua sama-sama berdoa dan mengharapkan selama kegiatan ini berjalan, bisa terlaksana dengan aman dan lancar serta tidak ada gangguan apapun”, pungkas Jarot Susanto.

 

Sumber  : Humas Polresta Magelang

Editor    : Tri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.