DAERAH  

Menunggu Empat Tahun, Akhirnya 100 Petani Sawit Desa Jebak Terima Sertifikat

Perwakilan Petani Sawit Desa Jebak terima SHM dari Hasbi Ansory PT. TLS (Foto Ade Toisuta / kabarpolisi.com)

Jambi, kabarpolisi.com – Setelah menunggu empat tahun, akhirnya 100 orang petani sawit PT. Tunjuk Langit Sejahtera (TLS) Desa Jebak Kecamatan Muara Tembesi dan Desa Jangga Aur Kecamatan Batin XXIV untuk mendapatkan sertifikat sebagai bukti kepemilikan lahan terkabu l.

Sertifikat langsung diserahkan Pimpinan PT TLS, Hasbi Ansory, Selasa (28/02/2017) di Kampung Baru Kecamatan Muara Tembesi. Setelah menyerahkan semua sertifikat Hasbi meminta petani agar tetap membangun serta membina hubungan yang bersinergis dengan perusahaan.

Hasbi Ansory kepada kabarpolisi.com mengatakan sangat puas setelah menyerahkan semua sertifikat. “Sebagai pimpinan perusahaan saya merasa sangat puas setelah menyerahkan sertifikat kepemilikan lahan petani. Bagi saya, kemitraan dengan petani plasma Desa Jebak dan Desa Jangga Aur ini, harus tetap bersinergis terus untuk ke depannya” ujar Ansory yang mantan anggota DPD RI ini.

Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) KOMPIHTAL Kabupaten Batang Hari, Usman Yusuf, di dampingi sekretaris Mahyuddin, selaku mediator antara petani dengan pihak perusahaan, memberikan apresiasi terhadap pimpinan perusahaan yang telah memenuhi harapan masyarakat petani plasma dengan langsung menyerahkan sertifikat.

“Selaku LSM yang notabenenya memperjuangan nasib petani plasma, saya sangat berterimakasih sekali terhadap Hasbi Ansory yang sangat perhatian terhadap petani plasma, dalam arti kata, merupakan rekanan langsung dari pada perusahaan” Kata Usman.

Sementara itu, Mahyuddin mengatakan bahwa sebenarnya sertifikat tersebut sudah lama siap, namun adanya miskomunikasi antara petani dengan pihak koperasi, membuat ketersendatan penyerahan sertifikat tersebut.

“Dengan adanya permasalahan belum dapat keseratus petani plasma akan sertifikat tetsebut, akhirnya pihak petani meminta bantuan kepada kami. Setelah 4 bulan, kerja kami berbuah hasil. Pihak pimpinan perusahan langsung menanggapi keluhan petani dwngan menerbitkan sertifikat” terang Mahyuddin.

Tobasco Pane selaku wakil dari petani memberikan apresiasi positif terhadap pihak PT. TLS yang telah memenuhi harapan petani plasma. Dan juga mengucapkan terimakasih kepada LSM KOMPIHTAL yang telah banyak membantu dalam hal ini. (Ade Toisuta)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.