DAERAH  

Pengamanan Ketat Kunjungan Wakil Presiden Makruf Amin Di Borobudur

MAGELANG  –  Tim gabungan TNI – Polri lakukan pengamanan kunjungan kerja (Kunker) Wakil Presiden H. Makruf Amin di Kabupaten Magelang, Kamis (21/4/2022). Rencana, H. Makruf Amin akan mengunjungi Candi Borobudur dan Balkondes Karangrejo.

Sebelum melakukan pengamanan kunker Wakil Presiden H. Makruf Amin, terlebih dahulu digelar apel pasukan yang diikuti sekitar 600 personel dengan penangggungjawab Dandim 0705/Magelang Letkol Arm Rohmadi.

Adapun personel yang dilibatkan dalam pengamanan. Di antaranya, personel TNI, Polri, Satpol PP, Dishub dan Damkar.

Dandim 0705/Magelang Letkol Arm Rohmadi bersama Kapolres Magelang AKBP Sajarod Zakun memberikan pengarahan dalam apel kesiapan yang digelar di lapangan Pemkab drh. Soepardi Kota Mungkid.

Letkol Arm Rohmadi mengatakan, pihaknya siap melaksanakan pengamanan kunjungan kerja Wapres Presiden beserta rombongan.
Kegiatan apel pasukan bersama ini untuk pengecekan, dan pemberian tugas serta tanggungjawab agar dalam pelaksanaan tugas semua pasukan mengerti akan tugas dan tanggungjawabnya dalam pelaksanaan pengamanan,” katanya.

Wakil Presiden H. Makruf Amin dijadwalkan meninjau pembangunan di Candi Borobudur menyerahkan bantuan di Balkondes Karangrejo.

Perlu diketahui, belakangan ini Pemerintah Pusat menata kawasan dan membangun infrastruktur pemukiman seiring upaya pelestarian kawasan Borobudur sebagai situs warisan budaya dunia. Candi Borobudur juga sebagai salah satu destinasi prioritas di Tanah Air.

Infrastruktur yang dibangun diharapkan dapat mengubah wajah kawasan Borobudur dan meningkatkan layanan bagi para wisatawan domestik maupun mancanegara.

Pantauan di lapangan, kini sarana jalan di sekitar Borobudur telah diubah menjadi mulus dan lebar. Dilengkapi lampu hias di waktu malam. Selain itu di 20 desa se-Kecamatan Borobudur dilengkapi Balai Ekonomi Desa (Balkondes) yang pengelolaannya, sebagian sudah diserahkna kepada badan usaha milik desa (BUMDes).

BACA JUGA  Kapolda Jatim Bersama Ribuan Pesepeda dari 17 Negara Ikuti Bromo KOM X 2024

Tak hanya itu, KementerianPUPR telah membangun 785 pondok wisata (homestay) di sejumlah desa se- Borobudur. Bantuan diberikan dengan meningkatkan kualitas rumah warga di sepanjang koridor tempat pariwisata, sekaligus mendorong pengembangan usaha.

Pemerintah juga membangun Tempat Pengolahan Sampah Reduce-Reuse-Recycle (TPS 3R) di 12 desa.

Kecuali itu juga membangun pintu gerbang masuk ke arah kawasan Candi Borobudur.Terdiri
Gerbang Blondo sebagai pintu masuk dari arah Semarang, Gerbang Palbapang dari arah Yogyakarta, Gerbang Kembanglimus dari arah Purworejo, dan Gerbang Klangon dari arah Kulonprogo (DIY). ( Dwi.A.R )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.