DAERAH  

Polisi Gerebek Rumah Penimbun 4 Ton Solar Subsidi

 

Kabarpolisi.Com  –  Satreskrim Polres Rembang, Jawa Tengah (Jateng) menggerebeg sebuah rumah yang dijadikan sebagai tempat menimbun BBM subsidi jenis solar pada Minggu (28/8). Dari rumah tersebut, polisi mengamankan 4 ton atau 4 ribu liter solar yang ditimbun di 4 bak besar serta puluhan jerigen. Ribuan liter solar tersebut disimpan pelaku di samping rumah yang dijadikan sebagai kandang ayam.

Kapolres Rembang AKBP Dandy Ario Yustiawan mengatakan, dari hasil penggerebegan itu, polisi berhasil mengamankan pelaku inisial NE. Dia merupakan juru kulak solar di sejumlah SPBU.

“NE ini tugasnya kulakan di SPBU dengan jerigen. Lalu solar itu dijual ke pelaku lain bernama S yang saat ini masih buron,” kata Dandy di lokasi penggrebegan di Desa Balongan Kecamatan Kragan, Kabupaten Rembang.

S merupakan pemilik rumah tempat menimbun BBM. Sedangkan NE merupakan tetangga S. Dari pengakuan NE, kata Dandy, aksi penimbunan itu sudah berlangsung awal Agustus lalu. Dari hasil kejahatan itu, NE mengaku mendapat keuntungan Rp120 ribu setiap harinya.

“Dia beli di SPBU seharga Rp5.150, kemudian dijual ke pengepul Rp5.800 Jadi ada selisih Rp650 dikali 20 hari, jadi ketemunya sekitar Rp120 ribuan,” terangnya.

Dandy menjelaskan, untuk memuluskan aksinya, NE saat membeli solar berdalih untuk kepentingan penggilingan padi. Namun, solar itu justru dijual kepada pelaku S.

“Jadi memang NE ini punya penggilingan padi, makanya setiap hari bisa beli sampai 200 liter. Sehari bisa 3 kali beli di SPBU dengan membawa 3 jerigen besar,” ujarnya.

Akibat perbuatannya, pelaku dijerat Undang-Undang Migas dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara dan denda maksimal 60 miliar rupiah. Polisi saat ini juga masih memburu pelaku S yang merupakan pengepul solar bersubsidi itu.(Tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.