DAERAH  

Siapkan Pengamanan Pemilu 2024, Polres Solsel Gelar Simulasi Sispamkota

Golden Arm,kabarpolisi.com – Matangkan persiapan menghadapi pemilu baik Pilpres, Pileg dan Pilkada yang akan berlangsung serentak pada tahun 2024 mendatang di wilayah Kabupaten Solok Selatan. Polres Solok Selatan gelar Simulasi Simpamkota bertempat di halaman Mako Polres Solok Selatan. Rabu (28/09/2022).

Giat Simulasi diawali Apel SISPAMKOTA
yang dipimpin Kapolres Solok Selatan AKBP Arief Mukti Adhi Sabhara, S.H, S.I.K, M,Si. Dalam arahannya menjelaskan, Polri merupakan garda terdepan dalam pengamanan kegiatan aksi unjuk rasa, sehingga setiap personil wajib memiliki kemampuan dan pengetahuan gerakan Dalmas.

“Setiap personel wajib memiliki kemampuan dan pengetahuan dalam pengendalian massa apabila situasi kontijensi dimana aksi unjuk rasa anarkis ataupun chaos (kekacau balauan) dan jangan pernah understimate situasi, untuk itu agar masing masing personel dapat memahami Perkap no.16 tahun 2006 tentang pedoman pengendalian massa, serta tahapan tahapan yang terdapat pada Pasal 22 tentang cara bertindak pada Dalmas untuk situasi hijau, Pasal 23 untuk situasi kuning dan Pasal 24 untuk situasi merah” jelasnya.

“Selain itu, masing masing kita harus dapat mengendalikan anger management atau belajar mengenali tanda-tanda pada diri saat anda marah dan mengambil tindakan yang “sehat” dalam meluapkan kemarahan dan dapat memahami psikologi massa pada saat terjadinya Unras.” tambah Kapolres

Dengan menggunakan perlengkapan tameng, tongkat serta peralatan Dalmas lainnya. Personel Polres Solok Selatan yang dipimpin oleh Kasat Samapta Polres Solok Selatan AKP Dony Rinaldy S.H menggelar Simulasi dan latihan Dalmas

Latihan ini merupakan salah satu kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Personel Polres Solok Selatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan serta fisik personel dalam menangani aksi unjuk rasa, sehingga pada pelaksanaan yang sesungguhnya personil dapat melaksanakan pengamanan aksi unjuk rasa dengan maksimal.

BACA JUGA  Ganjar Cerita Paser Bumi Gagal Atasi Tambang Ilegal: Mau Operasi, Bocor

Diakhir penyampaiannya, AKBP Arief Mukti turut mengucapkan terimakasih kepada seluruh personel yang melakukan kegiatan latihan pada saat ini dan berharap dengan adanya simulasi SISPAMKOTA yang dilaksanakan pada saat ini dapat memberikan rasa aman dan nyaman sehingga situasi kamtibmas yang kondusif dapat tercipta diwilayah hukum Polres Solok Selatan pada saat Kontijensi, Pemilu serta Pilkada pada tahun 2024 mendatang. (Zaki)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.